FENOMENA WARGA NEGARA INDONESIA

Foto Penulisan.


ESSAY,

Anda tentu sering melihat, mendengar berita atau bahkan melihat langsung negara - negara dengan kotanya yang memiliki kondisi yang sangat tertata rapih, bersih mungkin bisa dibilang diurus dengan sangat baik oleh warganya. kita ambil contoh seperti london, paris, jepang atau tak usah jauh -jauh contohnya bisa dilihat dinegara tetangga seperti malaysia dan singapura yang sangat baik dalam urusan kebersihan kotanya. masalah lingkungan di negara - negara tersebut bisa dilihat dari pengelolaan limbah cair, gas dan limbah kering semacam sampah. semua limbah tersebut tidak langsung dibuang begitu saja mereka mengolah terlebih dahulu cairan dan limbah gas tersebut mengendapkan zat beracunnya baru membuang limbah yang sudah tidak berbahaya ke lingkungan. sehingga permasalahan lingkungan menjadi semakin sedikit, berdampak pada kesehatan masyarakat yang semakin baik.

Dari pernyataan diatas mungkin kita bisa berkaca dengan cermin yang kecil pun kita bisa melihat perbedaan yang sangat besar bila kita memperbandingkan kota - kota modern di negeri seberang dengan kota - kota besar dinegara dendiri. Kita bisa melihat tanpa harus susah payah memperhatikan berjam - jam dijalan dan tempat umum orang Indonesia dengan mudahnya membuang barang yang sudah tak berguna lagi ( sampah ) di sembarang tempat. akibatnya lingkungan menjadi kotor penuh sampah. pabrik - pabrik lebih parah lagi menimbulkan kerusakan lingkungan karena sekala yang besar. Pabrik membuang limbah cair dan gasnya begitu saja tanpa ada tanggung jawab pada lingkungan sekitarnya, sehingga sungai menjadi kotor, bau, hitam. Udara juga tercemar asap pabrik yang beracun. Korban dari semua ini tidak lain tidak bukan adalah masyarakat kesehatannya menjadi buruk.

Mengapa masyarakat kita tidak bisa memiliki kebiasaan seperti masyarakat di negara lain dalam hal kebersihan ?

Mungkin saja kebiasaan kita yang seba " masa bodo " dengan hal - hal yang menyagkut tentang lingungan. pernah mendengar orang bilang biar saja sampah dibuang sembarangan kan nanti ada orang yang akan membersihkannya, toh petugas kebersihan dibayar untuk bersihin sampah. Inilah persepsi yang salah. Seharusnya kita bisa peduli dengan hal - hal kecil. kebersihan bukan hanya tanggung jawab petugas kebersihan tapi tanggung jawab kita juga itu juga untuk kebaikan kita sendiri.

Lalu, apa solusi untuk merubah kebiasaan buruk masyarakat kita ?
mugkin mulailah dari diri kita sendiri, buang sampah bekas kita ditempat sampah, kalau tidak ada tempat sampah disekitar kalian ya bisa disimpan atau dipegang dulu sampai menemukan tempat sampah lalu buang. Bila dilingkungan ada pabrik yang buang limbah yang mencemari lingkungan segera lapor keluhan tersebut ke pemerintah daerah. Cara yang cukup mudah kan sebenarnya, intinya tak perlu demo - demo, teriak - teriak buang tenaga seperti aktivis lingkungan, cukup dari aksi nyata kita sendiri tak perlu besar, asal kecil namun nyata.

Comments